Sabtu, 26 Oktober 2013


Raksasa Teknologi Apple baru saja meluncurkan dua komputer tabletnya: iPad Air dan iPad Mini with Retina Display. Untuk diketahui, harga dari iPad terbaru itu agak lebih mahal dari harga tablet yang dikeluarkan rival-rivalnya.

Melansir Business Week, 24 Oktober 2013, Apple nampaknya tak gentar bersaing dengan tablet berharga lebih murah yang dikeluarkan oleh Samsung, Google, dan perusahaan lainnya.

CEO Apple Tim Cook kemarin meluncurkan iPad Mini Mini with Retina Display seharga US$399, atau setara Rp4,5 juta, lebih mahal Rp800 ribu dari iPad Mini sebelumnya. Sementara iPad Air dibanderol dengan harga US$499, atau sekitar Rp5,6 juta.

Harga iPad baru yang dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, itu meleset dari dugaan analis. Harganya jauh lebi tinggi. Sama dengan kasus iPhone 5C yang ternyata harga masih cukup mahal.

"Dari harga yang ditetapkan oleh Apple, sepertinya Apple tidak takut sama sekali dengan pertarungan produk tablet yang semakin kompetitif," kata Benedict Evans, Analis dari Enders Analysis.

Namun, Phil Schiller, Eksekutif Pemasaran Apple mengatakan, produk buatan Apple difokuskan untuk segmen perangkat berkualitas tinggi. Sementara perusahaan lain hanya menghadirkan tablet dengan kualitas rendah, sehingga pantas jika harganya lebih murah.

"iPad Mini mahal karena biaya produksi pembuatan layar Retina yang tinggi dan berkualitas lebih baik. Selain itu, kami juga sudah menurunkan harga iPad Mini yang diluncurkan tahun lalu menjadi US$299, atau setara Rp3,3 juta," ujar Schiller.

iPad Air dan iPad Mini with Retina Display baru akan dijual ke publik sekitar bulan November. Sementara tablet buatan Samsung, Amazon, dan Google, telah masuk ke pasar lebih dulu.

Namun, Apple tetap yakin model baru dari iPad akan laris di pasaran dan menjadi "lumbung uang" perusahaan kedua setelah penjualan iPhone 5S dan 5C dari lini perangkat mobile.

iPad model terbaru ini diklaim memiliki prosesor yang lebih tangguh dan memiliki kecepatan nirkabel yang jauh lebih baik. Kemampuan terbaru itu khusus dipersiapkan oleh Apple untuk menyambut datangnya musim liburan di akhir tahun.

"Kami sangat senang menghadirkan produk-produk baru untuk menemani waktu liburan Anda," ujar Tim Cook.

0 komentar:

Posting Komentar