Sabtu, 23 November 2013


Samsung Galaxy S5 dikabarkan akan menjadi smartphone andalan perusahaan asal Korea Selatan di tahun 2014 mendatang.

Hal ini tentu tidak mengherankan jika melihat fitur-fitur mewah yang akan diusung smartphone penerus Samsung Galaxy S4 ini nantinya di pasaran.

Meski baru akan dirilis tahun 2014 mendatang, akan tetapi sudah ada perkiraan 11 fitur mewah yang akan dibawa smartphone Samsung Galaxy S5 ini. Berikut ulasan selengkapnya.


1. Layar fleksibel


Seiring dengan diluncurkannya Samsung Galaxy Round pengusung layar melengkung, banyak pengamat yang menyebutkan jika bukan tidak mungkin teknologi layar melengkung dari OLED juga akan disematkan Samsung ke smartphone Galaxy S5.

Namun, kabar yang beredar saat ini menyebutkan jika nantinya layar Samsung Galaxy S5 akan berukuran lebih dari 5 inci dengan mengusung resolusi 1440 x 2560 piksel.


2. Sensor sidik jari


Memang belum ada pernyataan resmi dari Samsung, namun perusahaan tersebut menyebutkan bahwa sensor sidik jari kemungkinan akan mendarat di beberapa perangkat baru di tahun 2014 mendatang. Sementara perangkat paling ditunggu di tahun depan adalah Galaxy S5. Sepertinya rumor ini cukup beralasan.

Apabila benar, maka Samsung Galaxy S5 akan menyaingi iPhone 5S pada jajaran smartphone dengan teknologi sensor sidik jari.


3. Tahan air dan tahan debu


Ini merupakan spesifikasi yang cukup mentereng, terlebih lagi jika perangkat tersebut dikeluarkan di tahun depan. Tentu saja persaingan jagat teknologi semakin kompetitif. Di tahun ini saja, Sony telah lebih dulu berangkat dengan kemampuan tahan debu dan air, melalui Xperia Z dan Xperia Z1.

Salah satu keuntungan besar dari mengadopsi tahan debu dan air adalah membuat handset tersebut cenderung awet, alias tahan lama. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perangkat yang memiliki teknologi tahan air dan debu akan 30 persen lebih awet ketimbang perangkat biasa yang cenderung cepat rusak saat terkena air.


4. RAM 4GB dan prosesor 64-bit

Galaxy S5 nantinya bakal didukung oleh RAM berkapasitas 4GB, serta digadang-gadang bakal menjadi smartphone pertama yang menggunakan RAM super besar.

Samsung memiliki alasan tersendiri dengan menanamkan RAM 4GB pada Galaxy S5, yaitu ingin memacu kinerja prosesor 64-bit yang rencananya juga akan disematkan pada perangkat tersebut.

Prosesor 64-bit akan berjalan secara maksimal apabila memiliki RAM jumbo, yaitu 4GB. Samsung bukan tanpa alasan, pasalnya pihaknya mulai gerah dengan dirilisnya iPhone 5S baru-baru ini dengan mengusung prosesor 64-bit.


5. Voice Command


Fitur Voice Command terbaru yang nantinya membuat Samsung Galaxy S5 dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan perintah suara juga dikabarkan akan disematkan pihak Samsung.

Bahkan nantinya fitur ini hadir secara realtime dan selalu menyala berkat bantuan prosesor octa-core yang akan digunakan di smartphone ini. Namun yang patut diperhatikan adalah daya baterai yang akan diserap fitur ini yang tentu cukup menguras daya secara total.


6. Kamera dengan sensor 13MP


Seiring dengan proyek baru Samsung yang kini tengah mengembangkan kamera terbaru dengan sensor 13MP, kemungkinan besar perusahaan asal Korea Selatan ini akan menyematkan kamera bersensor tinggi tersebut pada Galaxy S5.

Keunggulan kamera dengan sensor 13MP tersebut adalah kemampuan menangkap gambar meski dalam kondisi minim cahaya. Selain itu juga dilengkapi oleh fitur 'anti-shake', yaitu sebuah fitur yang memungkinkan foto yang Anda ambil seakan-akan menggunakan tripod.


7. Desain body premium dan lebih tipis


Belum diketahui seberapa tipis perangkat Samsung Galaxy S5 ini, namun dikatakan oleh Android Authority (24/9), bahwa handset ini memiliki desain body yang lebih tipis dari iPad Mini.

Selain itu, dikabarkan jika Samsung Galaxy S5 ini akan menggunakan bahan dan desain bodi yang lebih premium dibanding dengan Samsung Galaxy S4.?


8. Tampilan layar yang lebih jelas di luar ruangan


Kelemahan dari jenis layar AMOLED atau OLED yang akan digunakan di Galaxy S5 adalah berkurangnya kualitas tampilan layar secara drastis ketika smartphone digunakan di luar ruangan.

Namun, masalah ini ternyata berhasil di pecahkan Samsung dan nampak dari handset Galaxy Note III yang mengusung layar AMOLED namun tetap menyajikan tampilan ciamik ketika digunakan di luar ruangan.

Diperkirakan jika improvement inilah yang nantinya juga akan diterapkan di smartphone Samsung Galaxy S5.


9. Kualitas speaker handal
 

Samsung Galaxy S5 nantinya diperkirakan akan mengusung teknologi baru dalam perangkat speaker yang akan diusungnya.

Diperkirakan teknologi serupa BoomSound pada smartphone HTC One akan disematkan Samsung ke Galaxy S5 untuk memberikan kualitas suara menawan di handset terbarunya ini.


10. Tampilan TouchWiz terbaru


Tampilan TouchWiz yang merupakan hasil kembangan Samsung atas tampilan antar muka bawaan dari Android ini juga diklaim akan dihadirkan Samsung dalam update terbarunya.

Diperkirakan nantinya tampilan ini akan jauh lebih memukau dibandingkan dengan TouchWiz UI yang disematkan Samsung di smartphone Galaxy S4.


0 komentar:

Posting Komentar