Sabtu, 24 Mei 2014


Seperti yang dikabarkan oleh media Korea Selatan, dua produsen elektronik terbesar di negara tersebut tengah menimang-nimang untuk menggunakan kaca 'terkuat' untuk gadget mereka nantinya.

Walaupun tanpa menyebutkan produknya, kabarnya mereka tengah serius meneliti Safir sebagai layar pengganti Gorilla Glass. Seperti yang dilansir oleh T3 (23/5), Samsung dan LG mungkin akan menggunakan layar berbalut Safir untuk smartphone baru mereka seperti Galaxy S6 dan LG G4.

Langkah yang diambil oleh kedua perusahaan tersebut dianggap mengekor apa yang telah dilakukan oleh Apple pada iPhone 5S. Meskipun Apple hanya menyematkan Safir pada tombol homeyang juga digunakan untuk pemindai sidik jari tersebut, Macworld (6/5).

Kebanyakan smartphone yang beredar sekarang memang menggunakan kaca super buatan produsen Amerika, Gorilla Glass. Tapi kini produsen-produsen ponsel mulai melirik Safir yang dianggap lebih kuat dan jernih.

Bahkan Safir telah terbukti sebagai salah satu materi terkeras di dunia, dengan kekuatan di bawah berlian yang dikenal sebagai benda terkeras di bumi. Tetapi, Safir ternyata juga mempunyai sisi 'gelap'.

Kaca Safir ini bisa dihargai hingga 10 kali lebih mahal dari pada Gorilla Glass. Safir yang diklaim 1,6 kali berat dari Gorilla Glass juga sulit untuk dibuat. Kabarnya untuk membuat 1 kaca Safir dibutuhkan 100 kali energi yang digunakan untuk membuat 1 Gorilla Glass, BGR (5/3).

Oleh karena itu, hanya Apple dan perusahaan jam tangan asal Swiss yang diketahui melakukan produksi besar-besaran kaca ini. Masih tertarik kah Samsung, LG?

1 komentar:

  1. informasi yang menarik sekali mengenai produk smartphone ini...
    blower hp

    BalasHapus