Sabtu, 10 Agustus 2013



Perseteruan yang terjadi antara Apple Inc dan Samsung Electronics masih terus berlangsung. Setelah selamat dari serangan larangan import yang dilancarkan Samsung, Apple dikabarkan sedang menyiapkan serangan balasan.

Perusahaan berbasis di Cupertino, California itu sedang mengajukan pelarangan impor untuk beberapa produk Samsung. Produk buatan vendor asal Korea Selatan yang akan dilarang impor karena diklaim melanggar penggunaan tiga paten milik Apple.

Namun, Samsung disebutkan akan mengajukan banding atas tuduhan Apple. Produk Samsung yang terancam terblokir karena serangan Apple itu sebenarnya hanya 1% dari jumlah penjualan produk Samsung.

Seorang pengacara, Ray Van Dyke menyebutkan perseteruan yang berlangsung antara kedua perusahaan itu bukan lagi karena uang. Ia menganggap perang keduanya adalah usaha agar bisa menggapai posisi persaingan jadi nomor 1.

"Kadang uang saja tak cukup. Perseteruan antara Apple dan Samsung adalah memperebutkan posisi jadi 'anjing' teratas," kata Van Dyke seperti dilansir SamMobile, Sabtu (10/8/2013).

Sebelumnya, Komisi Perdagangan Internasional (ITC) di Amerika Serikat memutuskan Apple bersalah atas pelanggaran paten yang dimiliki Samsung. Putusan ITC itu menyebabkan Apple dilarang mengimpor atau menjual sejumlah produk lawasnya. Produk itu antara lain iPhone 4, iPhone 3GS, iPad 3G dan iPad 2 3G.

Sayangnya, kemenangan Samsung atas Apple di ITC tak bisa dinikmati sepenuhnya. Sebab, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mem-veto putusan komisi perdagangan yang membuat Apple tetap bisa menjual produknya dengan bebas.

0 komentar:

Posting Komentar