Jumat, 09 Agustus 2013


Dimotori oleh Nokia, sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft kembali berhasil menempati posisi ketiga di pasar persaingan sistem operasi perangkat mobile global untuk triwulan kedua tahun 2013.

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis International Data Center (IDC), tercatat bahwa pengiriman ponsel Windows Phone mengalami pertumbuhan signifikan hingga 78 persen. Windows Phone yang pada kuartal kedua tahun lalu terkirim 4,9 juga unit, di tahun ini meningkat menjadi 8,7 juta unit.

Dilansir laman Windows Phone Daily, Jumat (9/8/2013), Nokia menjadi produsen ponsel pintar terdominan dengan menyumbang 81% atau sekitar 7,1 juta unit smartphone berbasis Windows Phone yang dikapalkan pada kuartal kedua tahun 2013 ini.

Kondisi berbeda justru dialami BlackBerry. Dari laporan tersebut, terlihat bahwa BlackBerry telah mengalami penurunan pengapalan sekitar 12 persen dan kini berada di posisi keempat di pasar sistem operasi mobile dunia. vendor asal Kanada itu mengalami penurunan jumlah pengiriman produk smartphone dari 7,7 juta unit pada kuartal kedua 2012 menjadi 6,8 juta unit di periode yang sama tahun ini.

Sementara itu, Android masih merajai pasar sistem operasi global dengan kembali mengalami pertumbuhan tahunan yang sangat signifikan. Sistem operasi mobile besutan Google tersebut mengalami penigkatan hingga 74 persen dengan total pengiriman mencapai 187 juta unit.

Apple yang menempati urutan kedua berhasil menorehkan peningkatan pertumbuhan tahunan hingga 20%. Secara total Apple berhasil mengapalkan 31,2 juta unit smartphone unit di Q2 2013.

0 komentar:

Posting Komentar