Sabtu, 10 Agustus 2013

Saat ini ada berbagai aplikasi chatting yang tersedia untuk pengguna smartphone dan tablet. Dua di antaranya yang menarik dan diminati para pengguna gadget adalah Line dan WhatsApp.

Dikutip Phonesreview, Senin (5/8/2013), keduanya sangat populer di perangkat Android (Google Play) dan iOS (App Store). Namun jika keduanya dibandingkan, manakah yang lebih diminati sepanjang 2013 ini?

LINE vs Android
Sebagaimana diketahui, aplikasi LINE menawarkan pengalaman panggilan suara dan pesan gratis. Tak hanya itu, terdapat juga fitur berbagi foto, informasi lokasi, serta stiker dan emoji seru untuk mengekspresikan diri.

Disamping itu, LINE juga memiliki fitur Timeline yang memungkinkan penggunanya dapat meninggalkan pesan atau komentar. Pengguna juga dapat berkomunikasi dengan akun remi selebriti ternama.

Aplikasi gratis ini kompatibel dengan perangkat yang menjalankan operasi sistem Android 2.1 ke atas dan iOS 4.3 ke atas. Jelas jika lebih dari 230 negara menyukai aplikasi chatting ini. Bahkan, sudah menembus lebih dari 180 juta pengguna.

Sementara, WhatsApp sudah sejak lama dikenal sebagai aplikasi yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-temannya. Aplikasi chatting ini gratis selama satu tahun pertama, selanjutnya pengguna akan dikenakan biaya senilai USD0,99 untuk tahun berikutnya.

Pengguna dapat berbagi foto, video, dan voice notes dengan teman-teman sesama pengguna layanan chatting ini. Sehingga, pengguna tidak perlu lagi mendaftarkan satu per satu kontaknya. Menariknya, jika pengguna tidak sempat membuka pesan masuk saat itu juga, maka pesan akan disimpan.

Tak hanya itu WhatsApp juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti berbagi lokasi, pertukaran kontak, wallpaper, notifikasi suara, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat yang menjalankan Android 2.1 ke atas dan iOS 4.3 ke atas.

Dilihat dari ulasan pengguna pada toko aplikasi perangkat Android dan Apple, kedua aplikasi chatting ini sangat terlihat memilik banyak penggemar di seluruh dunia. Bahkan, pengguna memberi LINE rating hingga 4,1 poin, sementara WhatsApp memiliki rating lebih tinggi yakni 4,6 poin.

1 komentar: