Sabtu, 10 Agustus 2013


Google akan meluncurkan layanan pencari ponsel hilang bagi pengguna smartphone atau tablet berbasis Android pada akhir bulan ini. Layanan bernama Android Device Manager (ADM) ini bisa mencari letak ponsel Android yang hilang dan melindungi semua data yang ada di dalamnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari blog resmi Android, Sabtu (3/8/2013), ADM akan dikombinasikan dengan aplikasi mobile dan layanan online. ADM dirancang untuk membantu pengguna smartphone Android mencari ponsel hilang dan melindungi segala data yang ada di dalamnya ketika ponsel tak dapat ditemukan.

Jika seseorang hanya lupa di mana meletakkan ponselnya terakhir kali, seperti di bawah bantal atau di dalam tas, ADM bisa menemukan perangkat tersebut dengan mudah. Pemilik ponsel cukup melakukan login ADM via akun Google dan tekan tombol “Ring”. Setelah itu, ponsel yang terlupakan tadi akan berbunyi dengan volume paling keras, sekalipun sedang dalam mode silent.

Lain lagi jika ponsel yang tertinggal di restoran atau tempat-tempat publik lainnya. ADM akan memberitahukan letak ponsel yang hilang melalui Google Maps. Ketepatan ADM dalam memberi tahu letak ponsel tergantung kekuatan jaringan telefon, GPS, atau Wi-Fi ponsel.

Namun jika ponsel yang hilang benar-benar tak dapat ditemukan, ADM memberikan opsi pada penggunanya untuk menghapus seluruh data yang terdapat dalam ponsel atau tablet tersebut. Ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan ketika ponsel atau tablet berada pada tangan yang salah.

Product Manager Android, Benjamin Poiesz, mengatakan bahwa layanan ini akan segera bisa dinikmati. “Layanan ini akan hadir pada akhir bulan dan akan berjalan pada sistem operasi Android 2.2 ke atas,” tulis Poiesz pada blog resmi Android.

Layanan seperti ADM bukanlah yang pertama kali diciptakan. Sebelumnya, Apple sudah lama membuat “Find My iPhone, iPad, and Mac’ dengan layanan serupa dan bahkan fitur-fitur lain yang tak dimiliki oleh ADM. “Find My iPhone, iPad, and Mac” telah meluncur sejak 2010.

1 komentar: